Home Sosial Budaya ANEV Operasi Keselamatan Gatarin Sat Lantas Polres Sumbawa Tahun 2019 Menurun

ANEV Operasi Keselamatan Gatarin Sat Lantas Polres Sumbawa Tahun 2019 Menurun

16
0

 

Sumbawa Besar- Dalam rangka menertibkan serta memberikan pemahaman pentingnya mentaati rambu-rambu maupun aruran dalam berlalu linta, Sat Lantas Polres Sumbawa rutin menggelar Operasi Keselamatan Gatarin.

Kasat Lantas Polres Sumbawa AKP Bowo Tri Handoko SE, SIK,. yang ditemui diruang kerjanya, Kamis (16/05/2019) mengatakan Kasat Lantas Polres Sumbawa telah melaksanakan Analisa dan Evaluasi (ANEV) hasil akhir Operasi Keselamatan Gatarin Tahun 2019 yang pelaksanaannya selama 14 hari mulai dari Tanggal 29 April sampai 12 Mai 2019.

Terkait masalah pelanggaran lalu lintas selama pelaksanaan kegiatan operasi, Sat Lantas Polres Sumbawa ditekankan agar jumlah pelanggaran lalu lintas berupa tilang ditargetkan bisa 20 persen saja dan lebih banyaknya kepada teguran simpatik, jelas Bowo (Sapaan akrab Kasat Lantas Polres Sumbawa).

Untuk perbandingan di Tahun 2018 jumlah tilang sebanyak 231 dan Tahun 2019 jumlah tilang sebanyak 55 dan untuk teguran sebanyak 957 untuk Tahun 2018 sedang Tahun 2019 tegurannya sebanyak 1804 jadi penindakan pelanggaran tilang turun 76% dan untuk teguran naik 88,51 %.

Untuk jumlah Laka Lantas yang terjadi selama Operasi 14 hari kemarin ada pengurangan jumlah kejadian Laka Lantas yaitu hanya ada satu kasus dari sebelumnya di Tahun 2018 ada dua kasus, kasus ini korbannya luka berat dan ringan masing-masing satu orang dengan kerugian materil 1 (satu) juta sedangkan untuk dua kasus di 2018 korban meninggal satu orang dan luka berat dua orang dengan kerugian materil 7 (tujuh) juta.
“Jadi untuk Operasi Keselamatan Gatarin Sat Lantas Polres Sumbawa yang dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa pada Tahun 2019 ini berhasil dikurangi,” terang Bowo.

Sat Lantas Polres Sumbawa menghimbau kepada seluruh masyarakat pengguna jalan di Kabupaten Sumbawa ini agar senantiasa mentaati rambu-rambu Lalu Lintas serta selalu menggunakan Helm standar, lengkapi surat-surat kendaraannya karena kejadian-kejadian tabrakan dan lainnya dikarenakan banyaknya masyarakat yang melanggar aturan-aturan dalam berlalu lintas, untuk itu tetaplah taat agar Kabupaten Sumbawa menjadi daerah yang aman, nyaman dan damai, tutup Bowo. (bs/ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here