Home Sosial Budaya Menyambut Ramadhan 1440 H Persatuan Pencak Silat Pagar Nusa Bagi-bagi Ta’jil

Menyambut Ramadhan 1440 H Persatuan Pencak Silat Pagar Nusa Bagi-bagi Ta’jil

151
0

Sumbawa Besar- Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H, Persatuan Pencak Silat Pagar Nusa Kabupaten Sumbawa mengisinya dengan berbagi kepada sesama, salah satunya pembagian Ta’jil kepada pengendara yang lewat diseputaran Lempeh tepatnya didepan rumah Dinas Kehakiman Sumbawa.

Syamsuddin selaku Bagian Humas Pagar Nusa Kabupaten Sumbawa yang diwawancarai disela-sela kegiatan pembagian Ta’jil, Kamis (16/05/2019) mengatakan, pagar Nusa ini lahir pada tanggal 3 Januari 1986 di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur tepatnya dirumah Gus Maksum, ketua umum pertama Ikatan Pencak Silat Pagar Nusa.

Terbentuknya Pagar Nusa ini merupakan hasil inisiatif para ulama Ahlussunnah Wal Jama’ah. Mereka mendirikan Organisasi Pencak Silat NU ini tidak cukup satu atau dua bulan, pada Tahun 1991 Pagar Nusa resmi dari status sebagai lembaga menjadi Badan Otonom NU, jelas Syam.

Tujuan didirikannya Pagar Nusa ini diharapkan dapat menjadi pagar NU dan Bangsa. Di NU, Pagar Nusa bertanggungjawab menjadi pagar bagi ajaran Ahlussunnah Wal Jama’ah disamping Pagar Nusa berkewajiban menjaga keutuhan NKRI, terang Syam.

Disumbawa sendiri Pagar Nusa didirikan Tahun 2018 tepatnya Bulan Juni yang lalu dan sekarang sudah ada dibeberapa Kecamatan diantaranya Kecamatan Sumbawa, Labuhan Badas dan Kecamatan Unter Iwes dengan jumlah Anggota kurang lebih 200 orang, seiring waktu akan terus bertambah disetiap Kecamatan dan Desa-desa, tutup Syam. (bs/ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here