Home Hukum & Kriminal Penyimpangan ADD, Kades Sempe Dan Kaung Dilaporkan Ke Kejaksaan Negeri Sumbawa

Penyimpangan ADD, Kades Sempe Dan Kaung Dilaporkan Ke Kejaksaan Negeri Sumbawa

137
0

Sumbawa Besar- Sejak pencairan Dana Desa dari Tahun 2015 silam, kemandirian Desa masih sangat jauh dari harapan, dana segar yang begitu besar mengalir ke desa belum dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pemangku desa yang dalam hal ini Kepala Desa selaku pengelola dana yang sekaligus sebagai penanggungjawab penuh terhadap Anggaran Dana Desa (ADD). Sampai Juni 2019 ini telah ada ratusan Kepala Desa yang diduga melakukan penyimpangan terhadap ADD di Indonesia.

Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Sumbawa Putra Riza Akhza Ginting, SH,. yang ditemui diruang kerjanya, Kamis (20/06/2019) mengatakan, saat ini Kejaksaan Negeri Sumbawa telah menerima dua pengaduan terkait penyimpangan dana desa yang diduga dilakukan oleh dua Kepala Desa yaitu Kades Desa Sempe dan Kades Desa Pulau Kaung, kedua Kepala Desa ini sedang dalam penanganan Inspektorat Kabupaten Sumbawa sebagai tim pemeriksa atau pegawas Pemerintah Daerah.

Kejaksaan Negeri Sumbawa sampai hari ini masih menunggu LHP dari Inspektorat sebelum melakukan penyidikan lebih lanjut sebab masalah dugaan penyimpangan Anggaran Dana Desa (ADD) ini masih kewenangan Inspektorat, jelas Putra.

Bila Inspektorat telah memberikan bukti Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terhadap dua desa tersebut, barulah Kejaksaan akan mulai bergerak namun sejauh ini Kejaksaan masih tetap melakukan kordinasi bersama Inspektorat terkait laporan pengaduan dugaan penyimpangan yang dilakukan oleh Kades Desa Sempe dan Kades Desa Pulau Kaung tersebut, tutup Putra. (bs/ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here