Home Sosial Budaya BMKG : Surat Permakluman Potensi Terjadinya Gempa Dan Tsunami Di Selatan Lombok...

BMKG : Surat Permakluman Potensi Terjadinya Gempa Dan Tsunami Di Selatan Lombok Hoax

314
0

Sumbawa Besar- Informasi mengenai potensi gempa bumi dan tsunami di selatan pulau Lombok sebagaimana dalam sebuah permakluman dengan Nomor: GF. 102/249/KMTR/VII/2019 pada Tanggal 07 Juli 2019 yang mengatasnamakan BMKG Stasiun Geofisika Mataram atas nama Agus Riyanto sebagai Kepala yang bertanda tangan dan telah beredar luas dimasyarakat baik melalui media sosial Facebook, Watsapp, Twitter dan lain sebagainya yang cukup membuat resah masyarakat Pulau Lombok maupun Pulau Sumbawa dinyatakan tidak benar atau Hoax.

Menanggapi hal tersebut di medial sosial, Kepala BMKG Sumbawa melalui bagian perakiraan Denny Agus Apriawan sebagai penanggung jawab yang ditemui media ini diruang kerjanya, Selasa (09/07/2019) .mengatakan, gempa bumi ini tidak bisa diprediksi waktunya, kapan dan dimana akan terjadi, namun di indonesia sendiri tidak menutup kemungkinan akan terjadi gempa sebab Indonesia ini berada diwilayah atau garis lempengan yang memiliki potensi terjadinya gempa.

“Belum ada alat yang dapat memprediksi akan terjadinya gempa sekian Skala Richter namun BMKG dapat memperkirakan potensi gempanya saja,”ujar agus.

Sementara itu,BMKG hingga saat ini belum pernah mengeluarkan surat edaran maupun permakluman mengenai akan terjadinya gempa ataupun potensi gempa diwilayah manapun juga.

“Jadi, mengenai surat edaran maupun permakluman yang telah beredar luas mengenai potensi gempa diwilayah selatan Pulau Lombok yang sangat meresahkan masyarakat pulau Lombok dan masyarakat Pulau Sumbawa, hal tersebut bukan berasal dari BMKG baik BMKG Mataram maupun BMKG Sumbawa, surat edaran tersebut adalah tidak benar atau Hoax,” jelas Denny.

Masyarakat diharap jangan mudah percaya terhadap informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan yang mengatasnamakan BMKG, untuk informasi yang valid tetaplah ikuti situs resmi BMKG karena BMKG selalu menginformasikan hal-hal terkini terkait potensi-potensi yang akan terjadi, tutup Denny. (bs/ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here