Home Politik Bupati Sumbawa Meradang: ASN Aktif Ikut Sosialisasi Diri Menjadi Calon Kepala Daerah

Bupati Sumbawa Meradang: ASN Aktif Ikut Sosialisasi Diri Menjadi Calon Kepala Daerah

951
0

Sumbawa Besar- Pilkada serentak 2020 masih sekitar setahun lagi namun isu yang beredar dimasyarakat mengenai sosok calon yang akan ikut berkontestasi di Pilkada sumbawa mendatang semakin memanas yang menimbulkan berbagai macam persepsi dan analogi yang berbeda-beda baik isu mengenai ASN aktif yang foto sosialisasi beredar viral dimedia sosial maupun sosok calon yang diisukan dengan kendaraan partai A maupun partai B.

Isu pencalonan mantan Kadis Pertanian Ir. H Talifuddin serta pengunduran dirinya dari ASN sudah bukan rahasia lagi namun munculnya foto beberapa ASN aktif yang ikut mensosialisasikan diri yang beredar viral dimedia sosial mendapat tanggapan serius dari Bupati Sumbawa.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Sumbawa H.M Husni Djibril, B.Sc,.diruang kerjanya, Rabu (31/07/2019) mengatakan, siapapun yang ingin mencalonkan diri sebagai Bupati maupun Wakil Bupati sah-sah saja dan undang-undang mengatur tentang itu namun untuk ASN aktif yang ingin mencalonkan diri dan telah mensosialisasikan dirinya haruslah memahami aturan yang mesti ditaati serta mengikuti prosedur dan tata kerama, jangan seolah-olah tidak paham aturan.

“saya telah cukup sabar menghadapi ASN yang pura-pura bodoh dan tolol yang seolah-olah saya selaku pemimpin tidak bisa bertindak tegas padahal untuk mengambil keputusan saya harus berfikir panjang dan kebanyakan saya lebih merasa kasihan kepada mereka yang suka bandel ini,” tegas Bupati.

Menurut Bupati,dalam tata cara pencalonan diri seorang Pengawai Negeri Sipil (PNS) sebagai Bupati dan Wakil Bupati yang masih aktif diatur dalam undang-undang ASN Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara juga dalam Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Perubahan kedua Atas Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2014 yang mengharuskan ASN itu mengundurkan diri terlebih dahulu apabila hendak atau ingin mencalonkan diri sebagai Bupati maupun Wakil Bupati, terang Husni (Sapaan akrab Bupati Sumbawa ini).

Untuk siapun ASN yang ingin mencalonkan diri silahkan namun ikuti aturan dan jangan menganggap seorang Bupati tidak bisa bertindak tegas karena menjadi pemimpin itu harus bersih dari pelanggaran dan gonjang ganjing yang ada.

“Saya tegas sekali lagi bila ada ASN yang ikut mensosialisasikan dirinya tanpa mengikuti aruran yang ada dan telah ditegur namun masih bandel maka saya tidak segan segan bertindak tegas dan akan melaporkannya untuk ditindak komisi ASN, kalau merasa bisa mengalahkan saya dan ingin melawan silahkan, sayapun akan lawan sebisa mungkin,” tutup Bupati. (bs/ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here