Home Pemilu Rapat Pleno Penetapan Hasil Kursi Dan Caleg Terpilih DPRD Sumbawa Diskor

Rapat Pleno Penetapan Hasil Kursi Dan Caleg Terpilih DPRD Sumbawa Diskor

135
0

Sumbawa Besar- Rapat pleno penetapan jumlah kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Sumbawa oleh KPU Sumbawa yang telah dihadiri oleh Bawaslu, anggota DPRD terpilih, perwakilan Partai Politik dan pihak-pihak terkait lainnya mendadak diinformasikan ditunda.

Terkait penundaan rapat pleno tersebut, Ketua KPU Kabupaten Sumbawa Muhammad Wildan, M. Pd,. yang ditemui media ini di lantai III (Tiga) aula kantor Bupati Sumbawa, Kamis (04/07/2019) mengatakan, berdasarkan laman resmi Mahkamah Konstitusi (MK) RI yang menyebutkan bahwa Kabupaten Sumbawa tidak ada dalam tuntutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) maka KPU Kabupaten Sumbawa menggelar rapat pleno terbuka penetapan jumlah kursi dan calon terpilih anggota legislatif DPRD Kabupaten Sumbawa periode 2019-2024 namun karena menyusul belum turunnya surat resmi dari KPU RI yang menjadi dasar penyelenggaraan rapat pleno penetapan maka KPU Kabupaten Sumbawa mengambil kesimpulan untuk menskor rapat sampai waktu yang tidak ditentukan.

Secara regulasi penetapan jumlah kursi dan calon terpilih anggota DPRD pada pemilu 2019 dilakukan paling lambat tiga hari setelah pencatatan Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dan berdasarkan laman resmi Mahkamah Kostitusi juga menyebutkan bahwa Kabupaten Sumbawa tidak ada dalam tuntutan PHPU maka atas dasar tersebut KPU Sumbawa mengagendakan rapat pleno penetapan.

“Jadi karena kami menerima surat dari KPU RI tadi malam yang meminta agar KPU Kabupaten Kota menunda dulu rapat pleno penetapan penentuan kursi dan calon anggota DPRD terpilih karena KPU RI belum menerima salinan resmi hasil keputusan dari MK maka kami harus mentaatinya meskipun secara regulasi pelaksanaan penetapan kursi dan penetapan hasil setelah tanggal 1 Juli 2019,” terang Wildan.

Hingga saat ini MK belum menyampaikan hasil rekapitulasi PHPU kepada KPU RI. Jika surat hasil telah diberikan kepada KPU RI, barulah KPU RI akan menyampaikan kepada KPU Kabupaten Kota untuk segera melaksanakan rapat pleno penetapan hasil dan waktu tenggangnya lima hari melalui surat edaran yang KPU Kabupaten Sumbawa terima, jelas Wildan.

Meskipun demikian KPU Sumbawa tetap melaksanakan rapat pleno terbuka yang walaupun harus diskor sampai ada surat intruksi dari KPU RI entah hari ini, besok ataupun lusa semuanya tergantung KPU RI, tutup Wildan. (bs/ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here