Home Pendidikan SMK Islam Farmasi Sumbawa Cetak Alumni Siap Kerja

SMK Islam Farmasi Sumbawa Cetak Alumni Siap Kerja

158
0

Sumbawa Besar- Ditengah maraknya berita tentang pengangguran yang semakin memprihatinkan, SMK Islam Farmasi Sumbawa terus berikhtiar dalam pembinaan siswanya, selain membangun jaringan sekolah dengan DU/DI, juga dengan mengintensifkan pembinaan sehingga ketika lulus para alumninya bisa terserap didunia kerja.

Pembinaan yang dilakukan tidak hanya seputar kemampuan akademik, tapi juga yang terpenting adalah pembinaan karakter.

Kepala SMK Islam Farmasi Sumbawa Kusriawansyah, S.Pd,. yang ditemui diruang kerjanya, Ahad (31/06/2019) mengatakan bahwa, sekolah yang dipimpinnya selain membangun jaringan dengan DU/DI serta melakukan pembinaan akademik, juga sangat konsen melakukan pembinaan karakter, hal itu bisa terlihat dari banyaknya program yang mengarah pada pembinaan karakter seperti, kegiatan wajib mengaji, wajib sholat dhuha, kegiatan mentoring agama islam, Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT), serta pembinaan-pembinaan lainnya, hal itu didasari karena dari hasil diskusi dengan DU/DI rata-rata mereka mengatakan bahwa karakterlah yang paling penting.

“Ada banyak pembinaan disini yang berorientasi pada pembentukan karakter, misalnya seperti kegiatan wajib mengaji setiap pagi, wajib sholat dhuha, kegiatan mentoring agama islam, Malam Bina Iman dan Taqwa serta pembinaan Kelompok Ilmiah Farmasi atau English Fun Club,” jelas Kus.

Ditempat berbeda, Ika Gus Andini, SKM,. selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMK Islam Farmasi Sumbawa juga mengatakan bahwa sampai saat ini telah banyak DU/DI khususnya Apotek yang menggunakan para alumninya sebagai tenaga kefarmasian, bahkan ada siswa yang direkrut bekerja pasca Peraktek Kerja Lapangan (PKL) sehingga merekapun bisa membantu meringankan beban keluarga mereka.

“Alhamdulillah cukup banyak Apotek yang menggunakan siswa dan Alumni kami untuk dijadikan tenaga kefarmasian ditempatnya, bahkan ada siswa kami yang direkrut bekerja sejak masih kelas XI, ada juga alumni kami yang kuliah sambil bekerja, sehingga mereka membiayai kuliah mereka sendiri,” terang Kus.

Ucapan terima kasih kepada Apotek yang telah menjadikan Alumni SMK Islam Farmasi Sumbawa sebagai karyawan sehingga para alumni dapat sedikit membantu perekonomian keluarganya dan pengangguranpun dapat sedikit berkurang dimana setiap tahun universitas maupun sekolah-sekolah yang setara SMK menciptakan kelulusan namun masih banyak yang belum terserap oleh dunia kerja karena minimnya pengalaman maupun lapangan pekerjaan itu sendiri.

Adapun beberapa Apotek yang telah menjadikan Siswa dan Alumni SMK Islam Farmasi Sumbawa sebagai Karyawan yaitu Apotek Anugerah, Apotek Cahaya Medika, Apotek Keluarga, Apotek An-Nafii, Apotek Gitria Farma, Apotek Bunda, Apotek Balemedo, Apotek As-Syagis, Apotek Ar-Rahma, Apotek Kurnia, Apotek Ceria, serta Apotek Surya Perdana Farma Moyo Hulu, semoga kerja sama ini selalu terjalin untuk sumbawa yang mandiri dan bermartabat, tutup Kus. (bs/ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here