Home Kesehatan RSUD Sumbawa Turun Kelas: Dirut Salahkan Dinkes

RSUD Sumbawa Turun Kelas: Dirut Salahkan Dinkes

885
0

Sumbawa Besar- Kementerian Kesehatan RI telah merilis tingkat kelas atau tipe untuk 600 rumah sakit yang ada di Indonesia, dari tipe yang dirilis ada yang naik kelas dan ada yang turun kelas sementara untuk rumah sakit di NTB ada lima rumah sakit milik Pemda yang turun kelas dari tipe C ke tipe D.

Sebagaimana keterangan Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A, MPH,. mengatakan, rumah sakit Pemda yang tidak turun kelasnya menjadi tipe D, hanya RSUD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Sedangkan RSUD Sumbawa, RSU H.L. Manambai Abdul Kadir, RSUD Dompu, RSUD Kota Bima dan RSUD Bima turun kelas menjadi tipe D.

Menanggapi hal tersebut, Direktur RSUD Sumbawa dr. Dede Hasan Basri yang diwawancarai saat mendampingi Bupati Sumbawa dikegiatan Harganas di Taman Pahlawan Sumbawa, Selasa (06/08/2019) mengatakan, khusus RSUD Sumbawa, penurunan tipe yang dirilis oleh Kementrian yang saat ini beredar dimedia bukanlah kesalahan RSUD melainkan kesalahan Dikes sebab prosedurnya sudah dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Daerah dan Dikes yang telat mengirimkan data yang telah disampaikan sehingga rilis yang digunakan oleh Kementerian Kesehatan RI menggunakan data tahun 2017.

Rumah Sakit Umum Daerah Sumbawa telah melengkapi data laporan dan telah disampaikan ke Dikes dan Dikes meneruskan ke Kementrian Kesehatan namun Dikes telat memasukan data RSUD Sumbawa sehingga Kementerian mengacu kepada data yang ada yaitu data yang lama.

“Penurunan tipe ini dinilai berdasarkan data jumlah Dokter specialis, Apoteker, alat dan lain-lain sementara RSUD Sumbawa telah memenuhi semua itu bahkan RSUD Sumbawa diyakini akan naik kelas menjadi tipe B,” jelas Dede.

Saat ini RSUD Sumbawa telah menyampaikan keberatannya atas rilis yang telah dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan dan hasilnya nanti akan keluar pada Bulan Desember 2019.

“Saya yakin dan optimis RSUD Sumbawa akan naik kelas ke tipe B karena semuanya telah terpenuhi dan masyarakat diharapkan tidak usah cemaskan masalah tipe atau kelas yang telah beredar sebab RSUD Sumbawa tidak ada masalah dengan semua itu,” tutup Dede. (bs/ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here