Home Pemerintahan Gubernur NTB Bersama Dirut ASDP Resmikan Pelayaran Perdana KMP Swarna Bahtera Badas-Surabaya

Gubernur NTB Bersama Dirut ASDP Resmikan Pelayaran Perdana KMP Swarna Bahtera Badas-Surabaya

332
0

Sumbawa Besar- Impian Masyarakat Sumbawa untuk memiliki kapal langsung tujuan Badas Surabaya kini akhirnya tercapai dengan dimulainya Lounching pelayaran perdana kapal ferry jarak jauh KMP Swarna Bahtera yang langsung diresmikan oleh Gubernur NTB DR. H Zulkieflimansyah, M.Sc,. dan Kepala PT ASDP DR. Ira Puspa Dewi Irdayati pada Ahad (29/09/2019) menandakan bahwa Sumbawa resmi memiliki kapal penumpang Sumbawa-Surabaya.

Turut hadir dalam acara lounching sekaligus peresmian pelayaran perdana ini, Bapak Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa, Kapolres Sumbawa AKBP Tunggul Sinatrio SIK, SH,. Kodim 1607 Sumbawa Letkol Inf. Samsul Huda, SE,. M.Sc,. Direktur ASDP, Kepala Sahbandar Pelabuhan Badas, Perwakilan Pelindo II serta jajaran Pemerintahan Gubernuran NTB.

Pada Pelayaran Perdana KMP Swarna Bahtera dari Badas menuju Surabaya ini akan memuat 2 (Dua) Tronton, 5 (Lima) Truk Puso dan puluhan orang penumpang yang akan mulai berlayar pukul 15.30 Wita.

Dalam sambutannya, Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut andil dalam mendatangkan kapal ferry jarak jauh tujuan Badas-Surabaya (PP) ini. Hal ini adalah langkah awal untuk menggapai Sumbawa Hebat Bermartabat dalam bingkai NTB Gemilang.

“Semua ini adalah awal yang baik untuk Sumbawa namun harus disambut dengan kesiapan Pemerintah Daerah dalam mempersiapkan segalanya agar jangan, kita hanya menginginkan adanya kapal, penambahan kapal serta merayakannya dengan meriah kedatangan kapalnya namun penumpangnya sepi. Sebagaimn hukum dan teori ekonomi menyatakan bahwa kemajuan ekonomi, kemajuan pariwisata sangat tergantung pada mobilitas masyarakat dan barang,”

Jadi, hadirnya kapal ferry ini bukan semata simbol bahwa daerah kita akan lebih dinamis tetapi dia akan menghadirkan suatu masa depan yang lebih cerah dimasa datang kalau kita mampu menciptakan pasar dan oportunitis yang diciptakan dengan kehadiran kapal ini akan memberi sinyal ekonomi yang luar biasa untuk Pulau Sumbawa.

“Sebagaimana Pulau Lombok akan mulai didatangi hampir 200 ribu orang dengan satu Even Motor GP dan sekarang ini saja ada 500 Truk besar yang lewat setiap hari dari Lembar ke Kayangan maka itulah kami melahirkan terobosan yang langsung dari Sumbawa ke Surabaya, semoga Pemda Sumbawa merespon dengan positif agar hasil-hasil para petani bisa dapat bersaing dan dapat dengan mudah menyapa Pulau Jawa,” terang DR Zul.

Selai itu juga DR Zul meminta management PT Pelindo untuk tidak menyakiti hati masyarakat terkait polemik kepemilikan lahan di sekitar Pelabuhan Badas Kabupaten Sumbawa.

“Gubernur meminta dengan sangat agar masyarakat jangan disakiti hatinya sebab masyarakat yang terluka hatinya, gampang sekali doanya diijabah oleh Yang Maha Kuasa. Saya tau masyarakat Labuhan Badas ini, rasa memiliki terhadap daerah, terhadap Pelabuhan ini sangat luar biasa,” tegas DR Zul.

Masyarakat Labuhan Badas ini lahir dan besar disini. Darah, keringat dan air mata mereka sudah tumpah di tanah ini namun ternyata, banyak tempat-tempat tinggal mereka masih milik Pelindo.

“Jadi kami harap atas nama pemerintah, jangan sampai masyarakat kita terusir dari tanah yang sudah sangat dicintainya ini,” tutup Gubernur dihadapan Perwakilan PT Pelindo, Bupati Sumbawa, Direktur Utama PT ASDP dan tamu undangan lainnya yang hadir.

Ditempat yang sama, Bupati Sumbawa Husni Jibril saat memyampaikan sambutannya dihadapan tamu yang hadir mengucapkan banyak terima kasih kepada Gubernur NTB atas perjuangannya mendatangkan kapal ferry langsung tujuan dari Sumbawa ke Surabaya, beliau berjanji akan memanfaatkan dengan baik apa yang telah diusahakan oleh Gubernur NTB untuk Sumbawa ini dan Bupati juga berterima kasih banyak kepada Kepala PT ASDP yang telah memberikan kesempatan untuk Sumbawa memiliki kapal yang berlayar dari Badas ke Surabaya dan beliau juga meminta agar kedepan kapal langsung ini dapat diberikan tambahan agar supaya masyarakat Sumbawa tidak menunggu lama dan dapat setiap hari aktifitas menuju Surabaya-Badas maupun Badas-Surabaya. (bs/ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here