Home Kesehatan Tidak Memiliki Biaya Dan BPJS Bayi Tanpa Anus Dan Memiliki Kelamin...

Tidak Memiliki Biaya Dan BPJS Bayi Tanpa Anus Dan Memiliki Kelamin Ganda Tidak Bisa Dirujuk

1547
0

Sumbawa Besar- Telah lahir Bayi malang atas Nama Delisa Apia anak kedua dari pasangan Suherman dan Ibu Julia yang beralamat di Kecamatan Empang Desa Brang Kesaming Dusun Bunga Eja berjenis kelamin ganda tanpa lubang kelamin, lubang anus dan berjari enam serta keadaan mulut yang sumbing di Puskesmas Empang yang saat ini telah dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumbawa dalam kondisi sesak serta sangat membutuhkan uluran tangan berbagai pihak.

Dokter Riani, Sp.A,. Specialis anak yang menangani bayi malang ini, saat dikonfirmasi media diruang kerjanya, Senin (30/09/2019) mengatakan bahwa, Anak malang berjenis kelamin ganda bila dilihat sepintas namun secara medis belum diketahui jenis kelamin ini, dirujuk dari Puskesmas Empang ke RSUD Sumbawa dengan kondisi cacat, ada selah pada bibir, langit-langit gusi kiri kanan, jari-jari yang lebih serta tidak memiliki anus dan kelainan alat kelamin yang belum bisa terdeteksi dengan baik.

Bayi ini dirujuk ke RSUD Sumbawa pada Tanggal 27 September 2019 pada malam hari dalam keadaan sesak dan dingin dan segera dilakukan tindakan menghangatkan bayi, pasang infus serta dimasukan ke inkubator dengan tindakan medis yang lain juga pada malam itu.

“Karena kondisi bayi yang sesak maka kami memberikan oksigen yang memakai tekanan dan selama diberikan oksigen bertekanan tersebut keadaan bayi masih belum stabil, tetap dalam keadaan sesak dan kami coba berkonsultasi dengan teman segala bidang bagaimana penanganan bayi ini dan kami juga telah menjelaskan keadaan bayi kepada pihak keluarga yang dalam hal ini Ayahnya sendiri, agar supaya anaknya ini secepatnya dirujuk ke rumah Sakit yang lebih lengkap alatnya dan begitu pula saran dari Dokter bedah sendiri namun karena permasalahan administrasi serta kondisi biaya makanya pihak keluarga belum melakukan tindakan untuk merujuk bayinya,” Jelas Riani.

Saat ini kondisi bayi masih panas dan terjadi kejang serta kencing positif ada sementara untuk buang air besar masih belum ada dan untuk histori kenapa bayi ini bisa demikian masih belum bisa dijelaskan namun ketika digali dari pihak keluarga dalam hal ini Ayahnya, kehamilan ini adalah hal yang diinginkan dan tidak ada riwayat keluarga dengan faktor-faktor demikian, terang Riani.

Sedangkan Ayah dari bayi malang ini, Bapak Suherman ketika dimintai keterangan di RSUD Sumbawa mengatakan bahwa, saat kehamilan istrinya sempat mengalami pendarahaan diusia kandungan memasuki usia empat bulan dan ketika di USG, Dokter tempat USG mengatakan bayinya baik-baik saja dan dalam keadaan normal namun ketika melahirnya seperti itulah keadaanya.

Ketika ditanya mengenai kanapa lama mengambil tindakan untuk segera dirujuk bayinya, Suherman Ayah bayi tersebut terdiam dan berkata terbata-bata sambil berkata bahwa dirinya tidak memiliki biaya untuk merujuk bayinya ke Rumah Sakit yang bisa menanganinya dan saat ini hanya dapat pasrah menunggu bantuan Pemerintah maupun uluran tangan para Dermawan.

Semoga Pemerintah Daerah dan para Dermawan dapat yang membaca berita atau tulisan ini dapat terketuk hatinya dan dapat mengulurkan sebagian dari rizkinya untuk membantu bayi malang anak dari pasangan Suherman dan Ibu Julia asal Dusun Bunga Eja Desa Brang Kesaming Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa ini. (bs/ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here