Home Pemilu Bawaslu Ingatkan Agar ASN Tidak Terlibat Politik Praktis

Bawaslu Ingatkan Agar ASN Tidak Terlibat Politik Praktis

17
0

Sumbawa Besar- Tahapan Pemilukada telah dimulai, para penyelenggara tentu berharap pemilu yang aman, jujur dan adil sehingga dapat memperoleh Pemimpin yang peduli serta berintegritas.

Penyelenggaraan Pilkada yang berkualitas setidaknya mensyaratkan sejumlah kondisi, salah satunya Aparatur Sipil Negara (ASN) yang netral dalam menghadapi Pilkada Sumbawa 2020 mendatang, sejak awal tahapan, Bawaslu Kabupaten Sumbawa harus selalu berusaha untuk mengingatkan pentingnya netralitas ASN sebab tidak bisa dipungkiri, berkaca dari Pilkada-Pilkada sebelumnya, ASN kian “Seksi” dimata Calon Kepala Daerah untuk mendulang suara dan memobilisasi massa.

Kordiv SDM Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumbawa Lukman Hakim, M.Si,. yang ditemui diruang kerjanya, Rabu (09/10/2019) mengatakan bahwa, Bawaslu Sumbawa berkomitmen serta mengoptimalkan kepada pencegahan, pengawasan dan penindakan dalam rangka mencegah praktik Money Politik, berita hoax, isu SARA, termasuk ketidaknetralan ASN. Bawaslu nantinya akan bersurat ke Bupati dan para Calon agar ASN dapat menjaga kenetralannya ASN dan tidak menarik ASN dalam pusaran politik praktis.

Bawaslu nantinya akan bersurat kepada Pemda untuk melakukan upaya agar tetap menjaga netralitas ASN sehingga ASN tetap sesuai koridor dan fungsinya dan tidak terlibat kedalam politik praktis sebab kemungkinan yang akan maju ini rata-rata dari incumbent, baik bupati maupun wakil bupati, mantan kepala daerah, mantan kepala dinas.

“Kami nantinya akan menghimbau kepada calon agar tidak menarik-narik ASN dalam politik praktis karena memang tidak dapat dipungkiri bahwa peran ASN akan cenderung dimanfaatkan oleh Calon dan kami dari Bawaslu akan mewanti-wanti hal tersebut agar Pilkada yang bersih sebagaimana kita harapkan benar-benar tercapai sebab sanksi bagi ASN yang terlibat akan kami tindak tegas,” tutup Lukman. (bs/ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here