Home Pemilu Demi Sukseskan Pilkada 2020 Pemda Anggarkan 25 Miliar

Demi Sukseskan Pilkada 2020 Pemda Anggarkan 25 Miliar

18
0

Sumbawa Besar- Setelah beberapa kali melakukan pembahasan mengenai jumlah anggaran yang akan dikeluarkan Pemerintah Daerah untuk kesukseskan Pilkada 2020 mendatang yang awalnya KPU Kabupaten Sumbawa mengajukan anggaran 29 Miliar kepada Pemda akhirnya KPU bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) melakukan sinkronisasi anggaran dan disepakati jumlah anggaran untuk Pilkada Sumbawa sebesar Rp.25.100.000.000 (Dua puluh lima miliar seratus juta rupiah).

Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Sumbawa Muhammad Kaniti yang dikonfirmasi media ini diruang kerjanya, Selasa (01/10/2019) mengatakan, setelah beberapa kali melakukan pembahasan bersama Pemerintah Daerah Sumbawa akhirnya jumlah anggaran untuk Pilkada Sumbawa yang disepakati KPU bersama Pemda Sumbawa berjumlah Rp 25.100.000.000 (Dua puluh lima miliar seratus juta rupiah) dan nilai kesepakatan ini dicapai setelah KPU bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) melakukan sinkronisasi sejak sebulan terakhir.

Selain itu, KPU bersama Pemda Sumbawa juga telah menandatangi Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk pelaksanaan Pilkada 2020. NPDH tersebut diteken oleh Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril, B.Sc,. bersama Ketua KPU Sumbawa, Muhammad Wildan, M.Pd,. di ruang kerja Bupati Sumbawa, Senin 30 September 2019 siang hari.

“Bila merujuk pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota, diatur bahwa penandatanganan NPHD tersebut paling lama 1 Oktober dan KPU bersama Pemda Sumbawa telah melakukan penandatangan tersebut sebelum tenggat waktu yang dijadwalkan,” Muhammad Kaniti.

Sementara untuk launching Pilkada serentak tahun 2020, telah digelar pada 23 September 2019 lalu di Balai Sidang Jakarta Convention Center dan diacara tersebut KPU Sumbawa bersama KPU Propinsi NTB ikut menghadirinya.

“Saat ini KPU Kabupaten Sumbawa telah melaksanakan satu agenda penting dalam menyukseskan Pilkada Kabupaten Sumbawa tahun 2020 ini yaitu penandatangan NPHD,” terang Ken.

Untuk saat ini, keseluruhan Penandatanganan NPHD di NTB, baru dilakukan oleh tiga Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pilkada yaitu Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Lombok Utara dan Kabupaten Lombok Tengah, tutup Ken. (bs/ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here