Home Politik Maju Di Pilkada Sumbawa,Lalu Hermawan Berjanji Akan Bawa Perubahan Untuk Sumbawa

Maju Di Pilkada Sumbawa,Lalu Hermawan Berjanji Akan Bawa Perubahan Untuk Sumbawa

152
0

Sumbawa Besar- Kontestasi Pilkada serentak 2020 kian dekat, KPU Sumbawa sebagai penyelenggara ditingkat Kabupaten Kota telah memulai beberapa tahapan guna mensukseskan Pilkada Sumbawa. Figur-figur terbaik yang memiliki niat mulia ingin membangun, memajukan dan mensejahterakan masyarakat sumbawapun mulai bermunculan salah satunya ditunjukkan oleh seorang tokoh asal sumbawa yang telah lama berkiprah di Jakarta dan menjadi bagian dari salah satu orang penting yang ada dijajaran Pertamina Pusat, Beliau adalah Lalu Hermawansyah, SE,.

Putra Sumbawa kelahiran Alas 17 Juli 1961 ini ingin memanfaatkan momen Pilkada Sumbawa agar bisa berbuat lebih banyak untuk Tau dan Tana Samawa. Mungkin Secara pendekatan masih banyak yang belum mengenal figur satu ini namun bagi orang Sumbawa yang tinggal dan menetap di Jakarta atau kawasan Jabodetabek pasti sangat akrab dengan sosok ini karena beliau adalah Ketua Ikatan Keluarga Sumbawa Jakarta Raya (IKASUM JAYA) yang sekarang tinggal di Komplek Panto Daeng Sumbawa dan juga sangat dikenal di jajaran Lembaga Adat Tana Samawa (LATS) karena merupakan Dewan Penakar Adat LATS.

Dalam silaturrahimnya bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sumbawa yang didampingi Lalu Her kakak kandung Lalu Ayuk dan Baijuri Bulkiyah mantan anggota DPRD Provinsi NTB periode 2014-2019 di Komplek Putra Jogja Sumbawa, Sabtu, (05/10/2019) mengatakan bahwa, tawaran untuk tampil dalam kontestasi Pilkada Sumbawa sudah ada sejak 10 tahun lalu yang kala itu tenaga dan pikiran masih terfokus untuk mengembangkan dan memajukan pertamina pusat sehingga tawaran tersebut belum bisa dipenuhi.

“Saat ini, saya telah pensiun dari Pertamina sejak 2017 lalu, namun sampai sekarang masih diberi kepercayaan sebagai Konsultan PT. Synergy Risk Management dan manajemen PT. Tugu Re Asuransi Indonesia. Kedua perusahaan ini masih bagian dari Pertamina Group namun meskipun dipercaya pada kedua jabatan ini sudah tidak sesibuk dulu lagi sehingga waktu yang tersedia untuk mengabdi buat Sumbawa tercinta sangat banyak yang walaupun untuk mengikuti Pilkada Sumbawa kali ini masih banyak orang yang belum mengenal baik secara langsung maupun tidak langsung dan hal Itu sangat wajar sebab selama ini hidup dan bekerja di Ibukota Negara, buat saya semua itu tidak menjadi persoalan, mengingat tahapan Pilkada masih panjang serta masih banyak waktu untuk melakukan sosialisasi,” jelas Her (Sapaan akrab Dewan Penakar Adat LATS ini).

Niat untuk maju pada Pilkada Sumbawa kali ini semata ingin mewakafkan semua ilmu, pengalaman, fikiran dan sisa hidup untuk Sumbawa, disamping itu, keputusan maju ini juga tentu akan memberi warna bagi peta perpolitikan di sumbawa ini, sebagaimana tagline masing-masing kandidat ada yang mengusung Sumbawa Bersinar, ada yang Sumbawa Maju dan Sumbawa Hebat Bermartabat jilid II, sedang kami nanti akan mengusung tagline “Sumbawa Baru” yaitu mewujudkan masyarakat Sumbawa yang religius, demokratis dan modern.

“Hari ini saya mulai ingin melihat, mengetahui dan mencari kepercayaan dari masyarakat Sumbawa dulu, apakah saya pantas untuk maju dalam kontestasi Pilkada mendatang atau tidak,” tegas Her.

Ditanya jalur yang akan ditempuhnya untuk mendapatkan tiket sebagai bakal calon pada Pilkada Sumbawa ? Lalu Her mengaku tidak tertarik menjadi calon perseorangan (independen). Ia lebih tertarik melalui jalur partai politik sebab kendaraan resmi yang diamatkan Undang-undang adalah Partai Politik meskipun sah-sah saja dengan dukungan KTP, oleh karena itu untuk mengawali langkah ini sudah terjalin komunikasi dengan beberapa parpol, salah satunya akan memasukkan lamaran ke DPC Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Sumbawa dan mengenai posisi, apakah maju menjadi calon Bupati atau Wakil Bupati, semuanya tergantung dari komunikasi politik yang sedang dibangun.

“Posisi bukan menjadi ukuran yang jelas saya ingin mengabdi untuk Sumbawa, walaupun pengabdian tidak harus menjadi Bupati atau Wakil Bupati dan bisa dilakukan secara mandiri, tetapi jika dilakukan secara pribadi, mungkin hanya akan dinikmati oleh keluarga saja namun jika menjadi Kepala Daerah maka manfaatnya tentu bisa dirasakan oleh masyarakat luas,” terang Her.

Dengan tagline “Sumbawa Baru” saya akan menawarkan semua kemampuan melalui program kerja yang tentu berpihak pada kearifan lokal dan pengembangan ekonomi masyarakat. Sumbawa dengan kekayaan dan potensi yang dimiliki serta luas wilayah lebih besar dibandingkan jumlah penduduknya, membutuhkan terobosan baru. Salah satunya dalam menciptakan lapangan kerja, BUMD harus direvitalisasi sehingga bisa lebih memberikan manfaat kepada masyarakat luas dengan membuat BUMD dapat bergerak disegala lini. Sebagaimana potensi jagung yang ada di Sumbawa, kita harus dekatkan potensi ini dengan pengolahannya agar potensi yang ada benar-benar berpihak kepada petani jagung tersebut, selain itu Sumbawa juga harus menjadi destinasi belajar, sehubungan dengan niat belajar masyarakat yang cukup tinggi maka Sumbawa memiliki potensi itu.

“Banyak kampus terkenal di Sumbawa oleh karena itu pemimpinnya harus melakukan terobosan dan saya punya strategi itu, jika Sumbawa dijadikan sebagai tujuan belajar, berarti orang Sumbawa tidak harus kuliah di luar lagi dan sebaliknya orang luar yang akan menjadikan Sumbawa sebagai tujuan belajar. Kita juga punya dosen-dosen terbaik di bidangnya dan bila perlu kita datangkan dari luar agar semuanya bisa menjadi magnet bagi siapa saja yang datang menimbah ilmu di Sumbawa sehingga sumbawa yang maju dan berkembang bukan hanya menjadi impian semata,” tutup Lalu Her. (bs/ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here