Home Pemerintahan Bupati,Pembangunan PKM Ropang Bermasalah Bukan Kesalahan Pemda

Bupati,Pembangunan PKM Ropang Bermasalah Bukan Kesalahan Pemda

247
0

Sumbawa Besar- Proyek pembangunan Puskesmas Ropang sampai saat ini belum mencapai target yang semestinya sehingga dari sejumlah pertimbangan, TP4D memutuskan untuk mencabut pendampingan terhadap proyek yang bersumber dari DAK Afirmasi tersebut.

Hal ini dilakukan karena TP4D melihat belum adanya itikad baik dari pelaksana dalam melaksanakan rekomendasi terhadap proses pengerjaan dan bahkan TP4D juga merekomendasi PPK supaya tidak melakukan perpanjangan kontrak hingga berakhirnya masa pengerjaan nanti.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Sumbawa HM Husni Djibril, B.Sc,. yang dikonfirmasi sehabis melaksanakan sholat Jum’at di Masjid Syuhada Polres Sumbawa, Jum’at (09/11/2019) mengatakan bahwa, persoalan yang terjadi terhadap proyek pembangunan Puskesmas Ropang bukanlah kesalahan internal Pemerintah Daerah Sumbawa melainkan kesalahan pihak kontraktor pelaksana meskipun dalam penentuan pemenang tender telah dilakukan oleh Pemda Sumbawa.

“Terhadap kesalahan kontraktor pelaksana pembangunan Puskesmas Ropang jangan dianggap bahwa Pemda Sumbawa yang salah meskipun dipihak kita yang memutuskan siapa pemenangnya saat itu namun terhadap siapa yang menjadi pemenang yang ditunjuk telah melalui mekanisme yang semestinya,”

Kesalahan ini juga bukanlah kesalahan TP4D melainkan murni kesalahan pihak kontraktor, jadi dalam hal pendampingan agar supaya TP4D tidak terlalu dini menarik diri secara keseluruhan dari pendampingan proyek pembangunan puskesmas Ropang ini.

“Selama kesalahan yang terjadi dalam pembangunan puskesmas Ropang itu bukanlah kesalahan yang disebabkan oleh TP4D maka pihak TP4D harus bisa melihat jauh kedepan sebab ada hal yang lebih besar yang mesti difikirkan agar supaya uang negara ini benar-benar bisa dijaga dengan baik dan sebisa mungkin mencari cara atau dapat memberikan solusi, supaya proyek pembangunan puskesmas itu tetap bisa berjalan sampai tuntas,” jelas Bupati.

Bupati berharap agar proyek pembangunan puskesmas Ropang tetap bisa berjalan sampai tuntas meskipun target yang dijadwalkan tidak tepat waktu karena adanya kesalahan tersebut dan juga meminta serta berharap kepada TP4D untuk tetap melakukan pendampingan terhadap pembangunan proyek puskesmas Ropang ini.

“Meskipun dalam hal pendampingan adalah hak dan kewenangan TP4D namun harapannya janganlah karena kesalahan itu lantas melepasnya begitu saja tetapi lihatlah manfaat besar kedepan dari adanya puskesmas tersebut bagi kepentingan masyarakat banyak, semoga TP4D dapat mengerti dan memahami hal ini,” tutup Bupati. (bs/ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here