Home Sosial Budaya Dampak Kekeringan Dan Kemarau Panjang,Koramil Moyo Hulu Bantu Salurkan Air Bersih

Dampak Kekeringan Dan Kemarau Panjang,Koramil Moyo Hulu Bantu Salurkan Air Bersih

37
0

Sumbawa Besar-Akibat kekeringan dan kemarau panjang yang melanda sejumlah wilayah di kabupaten sumbawa salah satu wilayah yang hingga saat ini masih terkena dampak kekeringan dan kemarau panjang Kecamatan Moyo Hulu Kabupaten Sumbawa.

Ada Lima Desa yang terkena dampak kekeringan di Kecamatan setempat,diantaranya Desa Maman,Pernek,Semamung,Marga Karya dan Desa Mokong,miskipun sudah memasuki akhir bulan november namun warga setempat masih kekurangan air bersih dikarenakan hujan belum juga turun.

Untuk membantu memenuhi kebutuhan air bersih warga setempat,Koramil 1607-08 Moyo Hulu membantu menyalurkan air bersih untuk kebutuhan warga.Dandim 1607 Sumbawa Letnan Kolonel Inf Samsul Huda, SE. M.Sc melalui Danramil 1607-08 Moyo Hulu Kapten Inf Triono Budi Waskito mengatakan,bahwa kondisi sumber air warga saat ini akibat dampak dari kekeringan dan kemarau panjang sangat berkurang,sumur warga airnya tidak bisa mencukupi kebutuhan warga sehari-hari.

Dalam penyaluran air bersih ke warga pihaknya bekerjasama dengan pemerintah daerah dan pegadaian cabang sumbawa dalam menyalurkan air bersih ke warga yang terkena dampak kekeringan.

“sebelum kami melakukan penyaluran air,pihaknya melakukan pendataan di semua desa yang ada di kecamatan moyo hulu dan kami melaporkan ke pimpinan terkait kondisi dilapangan,sehingga setelah kami melakukan pendataan baru kami melakukan penyaluran air ke warga untuk memenuhi kebutuhan warga”jelas Danramil.

Lebih lanjut ia mengatakan,bahwa dari bulan agustus lalu,warga di desa mokong dimana penyaluran air bersih saat ini,telah mulai mengalami kesusahan air bersih dari bulan agustus lalu untuk kebutuhan baik untuk memasak,mencuci dan mandi hingga menjelang akhir bulan november saat ini warga masih tetap kesusahan air bersih.

Ia berharap,dengan penyaluran air bersih oleh koramil moyo hulu bisa meringankan warga dalam mendapatkan air bersih,pasalnya warga untuk mendapatkan air bersih harus rela menempuh perjalanan cukup jauh untuk mengambil air ke kali itupun terkadang masih belum bisa mencukupi kebutuhan dikarenakan air sungai yang sudah mulai mengering.

Sementara itu Hasan selaku kepala Desa Mokong sangat bertrima kasih atas bantuan koramil Moyo Hulu yang bisa membantu warganya dengan menyalurkan air bersih untuk kebutuhan warganya.

Menurut kades setempat,saat ini air sumur warga sangat-sangat memperihatinkan,dengan adanya penyaluran air bersih oleh koramil moyo hulu saat ini akan meringankan beban warganya dalam memenuhi kebutuhan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

“dari bulan agustus lalu warga kami sudah mengalami kesusahan air bersih,air sumur paling banyak dua timbah atau dua ember saja sehari,semoga pihak lainnya bisa ikut membantu menyalurkan air bersih untuk warga kami seperti yang telah dilakukan oleh Koramil Moyo Hulu,”harap Kades.(bs/sf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here