Home Pemerintahan Ini Alasan Imigrasi Sumbawa Tangguhkan Sejumlah Pemohon Passport

Ini Alasan Imigrasi Sumbawa Tangguhkan Sejumlah Pemohon Passport

86
0

Sumbawa Besar- Adapun alasan Imigrasi Sumbawa menangguhkan banyak pemohon passport oleh warga masyarakat yang hendak keluar negeri dikarenakan dokumen yang dilampirkan oleh pemohon untuk pengurusan passport yang diduga tidak sah.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa, Andy Cahyono Bayuadi yang ditemui diruang kerjanya mengatakan,hal tersebut. Diungkapkan, pada akhir Oktober lalu,dan ada sekitar tiga orang yang mengajukan permohonan penerbitan passport. Ketiga orang itu kemudian diwawancarai oleh petugas.setelah diwawancarai pemohon, petugas merasa curiga dengan dokumen yang dilampirkan pemohon, Setelah itu,petugas melakukan kroscek ke Dinas Dukcapil. Ternyata benar dokumen kependudukan yang dilampirkan oleh pemohon tidak sah. Atau tidak terdaftar di Dinas Dukcapil.

“saat itu setelah kami melakukan kroscek terkait data pemohon di dinas dukcapil ternyata pemohon tidak terdaftar dan yang bersangkutan diduga akan bekerja secara nonprosedural di luar negeri,” ujar Andy.

Atas dasar itu, pihaknya menangguhkan pemberian passport yang bersangkutan. Nama mereka juga dikirimkan ke Dirjen Imigrasi. Untuk kemudian diusulkan pencegahan keberangkatan ke luar negeri oleh Dirjen Imigrasi.

Andy menjelaskan, penerbitan passport itu bisa diurus atau pencegahan penerbitannya bisa dicabut. Asalkan yang bersangkutan melampirkan dokumen asli dan tujuan pengurusan passport yang benar.

Lebih lanjut Andy memaparkan bahwa penangguhan penerbitan passport ini merupakan salah satu upaya pencegahan dari pihak Imigrasi. Agar tidak ada pengiriman TKI nonprosedural ke luar negeri. Sebab, hal itu dapat merugikan calon TKI itu sendiri. (bs/sf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here