Home Pendidikan JADIKAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI SAHABAT DALAM BERKOMUNIKASI

JADIKAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI SAHABAT DALAM BERKOMUNIKASI

15
0

Sumbawa Besar-Bahasa merupakan sarana dan komponen terpenting dalam kehidupan manusia. Manusia tidak akan bisa melanjutkan kelangsungan hidup mereka dengan baik dan teratur tanpa adanya bahasa. Mereka tidak bisa berintraksi dengan muda dan baik jika mereka tidak menguasai bahasa antara satu sama lain dan dengan tidak adanya kesinambungan tersebut mereka juga tidak dapat menangkap ekspresi kejiwaan maupun keinginan yang diutarakan oleh lawan komunikasinya.

Hal ini juga yang menyebabkan adanya sekat dan kurang terkaitnya emosional satu sama lain. Bisa dikatakan bahwa bahasa adalah salah satu kebutuhan primer yang mempunyai peran sebagai pengatur sirkulasi kelanjutan hidup. Bahkan bahasa juga dapat dikategorikan sebagai senjata yang paling ampuh untuk membentengi diri dan negeri dari ancaman-ancaman perpecahan.

Di era globalisasi saat ini, penggunaan bahasa sebagai media komunikasi sangatlah terpengaruh oleh laju perkembangan teknologi dan informasi. terdapat dua pengaruh pada bahasa setelah terkontaminasi dengan adanya laju teknologi dan informasi yang sangat cepat yaitu pengaruh positif dan pengaruh negatif.

Adapun pengaruh positif yang dapat diperoleh adalah dimana media teknologi informasi sangat memperlancar hubungan komunikasi antar sesama. Di pandang dari sisi lain, kemajuan teknologi dan cepatnya akses informasi juga mempunyai dampak negatif yang sangat mempengaruhi kelangsungan dari bahasa yang telah kita miliki dan kita sepakati untuk menjadi bahasa pemersatu bangsa serta tanah air yaitu bahasa indonesia.

Dapat kita ketahui bersama bahwa, sekarang ini banyak bahasa gaul yang sangat berbeda dengan kaidah-kaidah kebahasaan. Dengan menurunnya kemampuan berbahasa masyarakat bangsa ini secara tidak langsung juga akan mengurangi rasa nasionalisme yang tertanam pada diri mereka.

Bahasa selain sebagai bahasa Negara, bahasa juga memiliki sebuah tujuan dari pembelajaran bahasa. Menurut basiran tujuan pembelajaran bahasa adalah keterampilan komunikasi dalam konteks komunikasi.

Jadi, demi tercapainya persatuan dalam keberagaman yang ada di Indonesia perlu adanya kesadaran untuk menanamkan rasa Nasionalisme dalam diri sendiri. Sebagai generasi muda, salah satu cara untuk mencapainya yaitu dengan mempelajari bahasa Indonesia secara detail dan mendalam serta menanamkan rasa kecintaan, kesenangan untuk mempelajari bahasa Indonesia,serta menerapkannya secara baik dan benar. karena dwngan itu dapat mempererat Negara Indonesia dari berbagai ragam bahasa. Serta bahasa Indonesia dapat mempersatukan antar sesama bangsa.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahasa adalah sistem simbol bunyi yang bermakna dan berarikulasi( dihasilkan oleh alat ucap) yang bersifat arbitrer dan konvensional, yang dipakai sbagai alat berkomunikasi oleh skelompk manusia untuk melahirkan perasaan dan pikiran.

Penulis :
Amda Fitri Ramdani Mahasiswi Ma’Had Khalid Bin Walid Universitas Muhammadiyah Mataram, Prodi KPI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here