Home Pemerintahan Pengajuan Permohonan Pembuatan Passpor Saat Ini Bisa Di RSUD

Pengajuan Permohonan Pembuatan Passpor Saat Ini Bisa Di RSUD

111
0

Sumbawa Besar- Dewasa ini peran Imigrasi semakin penting, seiring perkembangan globalisasi, arus keluar masuknya orang dari satu negara ke negara lain semakin tinggi serta menjadi hal yang biasa, oleh sebab itu Imigrasi senantiasa meningkatkan kinerja baik dibidang pengawasan maupun pelayanan keimigrasian yang menjadi core business dari Imigrasi itu sendiri.

Sebagai salah satu penyumbang PNBP bagi Negara, Berbagai inovasi telah dilakukan oleh Imigrasi untuk mengikuti perkembangan zaman serta meningkatkan pelayanan keimigrasian yang dibutuhkan warga negara indonesia maupun orang asing. Teknologi informasi saat ini menjadi hal yang penting dalam mengakomodasi dan memberikan pelayanan terbaik dan mudah bagi para pemohon sebagaimana inovasi yang telah dilakukan oleh Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa, Andy Cahyono Bayuadi yang diwawancarai ketika melakukan sosialisasi pasport untuk para pasien yang ingin melakukan rujukan pengobatan ke Luar Negeri di RSUD Sumbawa, Rabu (06/11/2019) mengatakan bahwa, berbagai inovasi dan pendekatan pelayanan senantiasa selalu dilakukan oleh Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa untuk memudahkan masyarakat yang ingin berlibur, sekolah maupun bepergian dalam rangka pengobatan dan salah satu inovasi tersebut pihak imigrasi langsung mendatangi konsumen atau pasien yang ada di RSUD Sumbawa untuk mensosialisasikan pelayanan pembuatan pasport untuk pasien dan keluarga pasien yang ingin berobat ke Luar Negeri sehingga bila hal ini disepakati oleh pihak rumah sakit maka kedepan imigrasi dan RSUD Sumbawa akan membuat kesepakatan atau MoU mengenai pelayanan pembuatan pasport untuk pasien yang ingin berobat lanjut ke Luar Negeri.

Sebelum sosialisasi ini dilaksanakan, kami juga telah bertemu dengan Direktur RSUD Sumbawa dan beliau menyambut baik apa yang menjadi rencana Imigrasi untuk mendekatkan pelayanan pembuatan pasport bagi pasien rujukan ke Luar Negeri.

“Kebetulan juga RSUD Sumbawa bisa menerima suntik miginitis untuk jamaah umroh sehingga pembuatan pasport jamaah umroh dan juga pasien rujukan ke Luar Negeri ini dapat langsung dilakukan di rumah sakit tanpa repot lagi mendatangi kantor imigrasi,” jelas Andy (Sapaan akrab Kepala Imigrasi Sumbawa ini).

Inovasi ini adalah bukti keseriusan Imigrasi Sumbawa dalam membantu masyarakat dengan mendekatkan pelayanan, artinya Imigrasi ingin memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat dalam hal ini pasien yang ingin melakukan rujukan berobat ke Luar Negeri.

“Dari Dirjen memang meminta kami untuk banyak melakukan inovasi-inovasi dalam membantu mendekatkan pelayanan namun apa yang kami lakukan ini adalah inovasi kami sendiri,” tegas Andy.

Sedangkan untuk lama waktu pembuatan pasport bagi pasien rujukan ke Luar Negeri adalah paling lama tiga hari pasport langsung dapat digunakan, terang Andy.

Adapun tanggapan pihak RSUD Sumbawa melalui Kasi Pelayanan medis Hardiansyah, mengenai keinginan Imigrasi untuk bekerjasama pembuatan pasport bagi pasien yang ingin berobat lanjut ke Luar Negeri ini disambut baik oleh pihak RSUD.

Dengan adanya pelayanan imigrasi di RSUD ini akan sangat membantu pasien tentunya sebagaimana di RSUD ini juga telah lama menerima pelayanan suntik meginitis untuk calon jamaah umroh dan kendala mereka mengenai pasport sehingga dengan adanya pelayanan pembuatan pasport di RSUD ini akan sangat membantu para jamaah umroh dan juga pasien rujukan Luar negeri tersebut nantinya.

“Sebagaimana arahan Direktur RSUD mengenai bagaimana kedepannya kerjasama antara RSUD dan Imigrasi tentu akan ada MoU namun harus mengacu atau berdasarkan SOP yang ada dari kedua belah pihak,” tutup Hardiansyah. (bs/ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here