Home Pemerintahan Sat Pol PP Kembali Tertibkan PKL Di Areal RSUD Sumbawa

Sat Pol PP Kembali Tertibkan PKL Di Areal RSUD Sumbawa

93
0

Sumbawa Besar- Sebagaimana tugas Satpol PP sebagai penegak Perda dan penyelenggaraan ketertiban umum serta ketenteraman dan perlindungan masyarakat maka sudah sepatutnya Pol PP juga harus memikirkan dampak dari penertiban dan penggusuran terhadap Pedangang Kaki Lima (PKL) yang dianggap kumuh disekitar kawasan-kawasan tertentu di dalam kota sumbawa seperti penertiban yang telah dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sumbawa di kawasan RSUD Sumbawa.

Menanggapi hal tersebut, Kasat Pol PP Kabupaten Sumbawa H Sahabuddin, S.Sos,. M.Si,. yang dikonfirmasi diruang kerjanya, Selasa (05/11/2019) mengatakan bahwa, Operasi yang dilakukan diseputaran jalan Garuda tepatnya di depan RSUD Sumbawa adalah kelanjutan dari penertiban yang telah dilakukan dan para PKL juga telah diberikan teguran baik secara lisan maupun tertulis dan Pol PP selaku penegak Perda harus melakukan penertiban tersebut.

“Sebelum melakukan tindakan, Pol PP selalu memberikan teguran terlebih dahulu dan setelah itu bagi yang tidak mengindahkan teguran itulah yang ditindak, sedangkan yang mau mengikuti arahan petugas maka kami biarkan mereka berkemas sendiri dengan baik,”

Namun meski demikian Pol PP juga paham bagaimana hal mencari nafkah untuk keluarga, oleh karenanya sebelum melakukan penertiban maupun penggusuran harus juga memikirkan dampak kedepannya seperti apa, misalkan PKL yang digusur harus ada solusi pengganti tempat mereka berjualan.

“Jadi, kami memikirkan akan hal ini dan untuk menghindari dampak serta masalah baru yang timbul dari adanya penggusuran dan juga karena keterbatasan lapangan pekerjaan serta belum adanya solusi untuk tempat pengganti bagi PKL-PKL tersebut, maka pedangang atau PKL itu tetap diizinkan untuk berjualan ditempat biasa dengan catatan tidak boleh di waktu-waktu sibuk yaitu dari jam 07.00 sampai jam 16.00 Wita sedangkan di atas jam tersebut diperbolehkan dan hal itu telah dikoordinasikan dengan pimpinan dalam hal ini Bupati Sumbawa,” jelas Kasat Pol PP.

Pol PP akan setiap saat melakukan penertiban baik terhadap PKL, penjual Miras, pelajar maupun PNS yang bolos di jam pelajaran atau kerja, para muda mudi yang minum minuman keras dan menggangu ketertiban juga razia-razia terdahap penyakit masyarakat lainnya baik pagi, siang, sore maupun malam hari Pol PP selalu siap.

“Kami tidak akan pernah mengeluh karena ini merupakan tugas dan tanggung jawab kami selaku pengaman perda dan satu hal, kami tidak akan bekerja menggunakan otot melainkan selalu mengutamakan pendekatan persuasif atau kata lain kami bekerja dengan cinta,” tutup Kasat Pol PP. (bs/ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here