Home Politik Wujudkan Sumbawa Gemilang, BJS Daftar ke PKB Sebagai Bacabup

Wujudkan Sumbawa Gemilang, BJS Daftar ke PKB Sebagai Bacabup

111
0

Sumbawa Besar- Mantan Legislator Udayana (DPRD NTB), sekaligus Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Sumbawa H Burhanuddin Jafar Salam, SH,. MH,. menyatakan diri akan siap bertarung di Pilkada Sumbawa 2020 mendatang. Keseriusannya terlihat dengan mendatangi kantor sekretariat DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Sumbawa untuk meyerahkan kembali formulir pendaftaran yang disertai kelengkapan persyaratan lain yang dibutuhkan PKB, Senin (02/12/2019).

Turut mendampingi pendaftaran BJS (Sapaan akrab Ketua DPD PAN ini) ke DPC PKB, Sekretaris DPD PAN Lukmanul Hakim, SE,. Bendahara Umum DPD PAN, anggota DPRD Sumbawa, Akhmad Fachri, Ida Rahayu, Lalu Mustajabuddin dan Keluarga besar Partai Amanat Nasional lainnya yang kedatangan BJS serta rombongan disambut langsung secara resmi oleh Ketua DPC PKB H Muhammad Idham, SE,. Sekretaris dan Bendahara Umum DPC PKB di Sekretariat DPC komplek Panto Daeng Kelurahan Bugis Kecamatan Sumbawa.

Dalam sambutannya, BJS mengatakan bahwa kedatangannya untuk mendaftar di DPC PKB adalah salah satu bentuk komitmen dan kesepakatan yang telah dibangun atau dibicarakan antara Novi-BJS sehingga sampai saat ini baru PKB saja tempatnya mendaftar padahal partai lain seperti PDIP, Nasdem, Gerindra, Golkar telah membuka pendaftaran terlebih dahulu tetapi hanya PKB satu-satu tempat mendaftar yang dipilih untuk mendaftar hingga saat ini.

“Saya memilih hanya baru PKB saja tempat mendaftar, karena memang telah ada kesepakatan dan komitmen yang telah dibangun bersama Novi dan juga karena Calon Bupati pendamping saya yaitu Novi tidak mendaftarkan diri ke Partai-partai lain selain PKB, jadi itu juga salah satu pertimbangan kenapa saya mendaftar ke PKB dan tidak ke Partai lain,” jelas BJS.

Selain itu, BJS juga menegaskan bahwa, kedatangannya mendaftar ke DPC PKB juga merupakan bentuk keseriusan untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sumbawa 2020 mendatang dan untuk maju tersebut tentu telah dengan persiapan yang matang, mempersiapkan segalanya baik fisik, ide-ide dan termasuk dengan pendanaan yang sesuai dengan pencalonan dirinya sebagai Calon Wakil Bupati Sumbawa bukan sebagai Calon Bupati.

“Untuk maju di Pilkada 2020 mendatang tentu segala-galanya harus siap. Kesiapan itu bukan saja fisik tapi juga semuanya karena semua bentuk kegiatan tentu ada konsekuensinya dan saya sadar itu. Saya maju tentu dengan pertimbangan menang, kalau tidak pertimbangan menang untuk apa maju dan saya maju sesuai dengan pertimbangan dan kemampuan serta porsi saya sebagai Calon Wakil Bupati bukan Sebagai Calon Bupati karena itu juga bentuk komitmen yang telah dibangun selama ini,” terang BJS.

Dalam pendaftaran ini, BJS memilih hanya sebagai bakal calon Wakil Bupati. Keputusan ini telah melalui berbagai pertimbangan yang matang.

“Saya melamar sebagai bakal calon Wakil Bupati. Hal itu realistis dan tentunya telah melalui pertimbangan,” tegas BJS.

Diakuinya, semua yang hendak maju dalam Pilkada 2020 mendatang tentu ingin berbuat lebih baik lagi untuk sumbawa dan nanti bila diridhoi Novi-BJS maka kami akan membangun Sumbawa yang Gemilang.

Menurut BJS, kenapa memilih Novi menjadi pendampingnya karena ia merasa saat ini sumbawa membutuhkan sentuhan tangan seorang wanita, karena watak laki-laki sumbawa itu keras jadi membutuhkan belaian wanita untuk menjinakkannya sebagaimana Kabupaten Bima yang juga memilik watak yang keras namun setelah tersentuh tangan wanita banyak sekali perubahan-perubahan yang diperoleh maka begitulah sumbawa ini kedepannya jika Novi-BJS ditakdirkan memimpin.

Sementara itu di tempat yang sama, Ketua DPC PKB Kabupaten Sumbawa H Muhammad Idham, SE,. mengapresiasi dan menyambut baik kedatangan BJS beserta keluarga dan simpatisan yang datang mendaftarkan diri sebagai calon Wakil Bupati ke DPC PKB, kedatangan BJS ini adalah pendaftar kedua yang datang ke DPC PKB sejak dibukanya pendaftaran.

“Setelah semua berkas diperiksa dan diverifikasi serta syaratnya telah terpenuhi maka percayakan kepada kami sebagai pengurus DPC PKB untuk selanjutnya akan mengambil langkah-langkah serta keputusan yang walaupun nantinya kewenangan DPP menjadi penentu namun kita bisa mengawalnya secara bersama-sama,”

Partai Kebangkitan Bangsa memang bukanlah partai yang baru namun untuk sumbawa, baru tahun ini PKB memiliki keterwakilan di DPRD Sumbawa dan langsung memiliki satu fraksi dan Insya Allah 2020 akan memiliki calon Bupati.

Dalam memilih dan menentukan calon baik itu Bakal calon Bupati maupun bakal Calon Wakil Bupati, PKB juga memiliki kriteria yang harus menjadi pertimbangan dan diantara pertimbangan tersebut yang pertama, calon yang ingin diusung oleh PKB harus memiliki partai karena tidak mungkin PKB dapat mengusungnya sendiri tanpa partai pendukung.

Kedua, calon tersebut harus memiliki basis massa, pemetaan wilayah basisnya jelas tidak ansal-ansalan. Ketiga, calon tersebut harus memiliki kapasitas dan kapabilitas yang jelas seperti latar belakang keluarganya seperti apa, tingkat pendidikannya bagaimana dan pengalamannya sejauh mana dan terakhir, calon yang diusung PKB nanti harus memiliki sumber dana yang jelas atau kata lain dia harus memiliki isi tas karena kita tau kost politik itu besar dan membutuhkan dana yang besar, oleh karena itu calon yang akan diusung oleh PKB nantinya harus jelas isi tasnya, tutup Haji Idham Sapaan akrab ketua DPC PKB ini). (bs/ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here